-->

Cara Membuat BIO Profil Instagram Untuk Menarik Follower

Upload foto secara konsisten di instagram saja tidak cukup untuk membuat profil instagram anda menarik banyak pengguna instagram. Jika ingin membuat profil instagram anda lebih menarik tentunya memerlukan bio instagram yang lengkap. 

Beberapa fakta pengguna instagram akan melihat profil dari penggunanya sebelum memerhatikan foto. Selain mendapatkan banyak pengikut hal ini juga akan menambah keyakinan pengguna instagram lainnya jika akun instagram anda bukanlah akun instagram palsu. 

Membuat BIO Profil Instagram menjadi lebih menarik tentunya mendapat menambah pengikut, di Instagram juga memperkenalkan diri, sekaligus branding anda.

Dengan kata kunci yang tepat, anda dapat dengan cepat menjelaskan apa yang ditawarkan profil Instagram. Untungnya, membuat bio Instagram yang keren tidak membutuhkan banyak keterampilan.

Jika mengikuti rumus dasar dan memasukkan elemen kunci, itu sebenarnya cukup mudah.

Apa Itu Bio Instagram?

Apa itu BIO Instagram 

Singkatnya, bio Instagram adalah bagian pendek di bawah nama pengguna. Ruang ini biasanya digunakan untuk berbagi beberapa detail tentang pengguna maupun bisnisnya.

Selain itu, biasanya juga mencakup detail kontak, emoji, tagar, ajakan melakukan sesuatu, dan tautan situs. Meski tidak ada aturan yang ditetapkan untuk menulis bio Instagram, berikut adalah elemen kunci yang direkomendasikan untuk disertakan:

1. Gunakan Foto Profil 

Gunakan Foto Profil
Gunakan Foto Profil


Baik itu logo atau potret, foto profil Instagram harus relevan dengan kebutuhan anda. Gambar profil yang digunakan juga harus terhubung dengan profil media sosial lain untuk memastikan bahwa branding anda mudah dikenali.

Kalau bisa buat gambar profil anda sama di berbagai sosial media seperti instagram, facebook, twitter dan juga tiktok. 

2. Nama dan Nama Pengguna

Nama Pengguna 

Nama Instagram umumnya merupakan nama lengkap asli, sedangkan nama pengguna, yakni nama yang akan dilengkapi "@nama_pengguna"

Nama pengguna akan muncul di bagian atas profil, serta di URL profil. Ini bisa berupa variasi nama atau singkatan. Usahakan membuat nama pernggun yang mudah di ingat oleh pengguna instagram lainya. 

3. Kategori

Kategori Akun Instagram 

Jika memiliki akun Instagram Business, anda juga dapat memilih kategori sesuai bisnis. Dengan begitu, pengguna akan segera melihat apa yang anda lakukan secara spesifik. Plus, itu juga membantu menyimpan karakter yang dapat digunakan untuk informasi lain.

4. Bagian Bio

Bagian BIO

Tidak seperti saluran media sosial lain, Instagram cukup pelit dalam hal batasan karakter. Sebagian karena itu terutama jaringan visual. Instagram membatasi bagian bio hanya 150 karakter.

Itulah mengapa sangat penting memanfaatkan alat, emoji, dan simbol lain untuk membantu mengoptimalkan setiap karakter yang tersedia.

5. Situs Web

Situs Web

Instagram hanya memiliki satu tautan yang dapat diklik di bio. Disarankan untuk mengubahnya secara teratur, sehingga dapat mengarahkan follower Instagram anda pada laman penjualan atau halaman arahan baru.

6. Detail Kontak

Rincian kontak harus mudah diakses. Jika memiliki bisnis, anda dapat menyertakan alamat email untuk semua pertanyaan bisnis.

Jika lebih menyukai pendekatan informal, anda bisa saja mendorong pengguna untuk mengirim direct message (DM) daripada email.

7. Lokasi

Jika memiliki akun Instagram Business dan toko fisik, anda dapat menambahkan alamatnya di bawah bio Instagram. Itu tidak akan berkontribusi pada jumlah karakter dan membantu menjangkau audiens lokal.

Bahkan jika memilih untuk hanya menambahkan kota, itu dapat membuat bio Instagram anda lebih meyakinkan.