-->

Asal Usul Desa Bumi Anyar Tanjung Bumi Bangkalan

Wilayah bumi anyar memiliki 2 bagian yaitu daerah pesisir dan perhutani...
Bumi anyar merupakan nama desa di kecamatan Tanjung Bumi yang terletak di pantura (panati utara) bangkalan. wilayah ini berbatasan langsung dengan kecamatan banyuates kecamatan sampang.

Sejarah Desa Bumi Anyar Tanjung Bumi Bangkalan

Desa bumi anyar memiliki sejarah yang cukup unik, informasi yang didapat dari akun sosial media resmi yaitu Desa Bumi Anyar - Tanjungbumi bahwasannya ada salah satu seorang sesepuh desa tersebut yang mengatakan :

" Bumi Anyar dahulu terletak di daerah tepi hutan. akan tetapi, semenjak bertambahnya kehidupan tahun sedikit demi sedikit sudah mulai dilakukan bangunan lahan yang dibuka dan akhirnya dijadikan tempat pemukiman yang dikenal dengan sebuatan tempat tinggal.

Semakin hari dan tak lama kemudian banyak penduduk yang menempatinya dan ada yang mengatakan bahwasannya dikenal dengan sebuatn tanjung bumi bagian timur.

Akibat penduduk yang tinggal semakin meningkat untuk menghuni kawasan tersebut, akhirnya desa tanjungbumi di belah menjadi dua bagian wilayah. yakni tanjung byumi dan tanjung bumi anyar.

Lama kebiasannya, warga sekitar lebih terbiasa menyebutnya bumi anyar dengan menghilangkan tanjungnya dan setelah itulah masuk pemerintahan belanda di negara indonesia terutama di pulau madura bagian pantura bangkalan "

Wilayah bumi anyar memiliki 2 bagian yaitu daerah pesisir dan perhutani. karena batas disini hanya dipisah dengan jalan umum.

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke desa ini, ketika tiba dilokasi akan menemukan deretan cafe & resto yang berjejeran di daerah pesisir seperti warung apung, warung bella, lesehan singgasana, al madani, gemilang resto dan m2m yang menyediakan makanan khas pesisir dengan harga yang murah meriah.

Suasana Kuliner Bumi Anyar

Selain itu, dikawasan bumi anyar tanjungbumi terdapat tiga makam keramat yang masih legendaris di bangkalan yakni buju' korong, buju' santreh dan buju' biluk. pesarean tersebut setiap harinya banyak yang berdatangan untuk mengharap barokah.
Penutup
Itulah asal usul desa bumi anyar kecamatan tanjung bumi kabupaten bangkalan yang berada di wilayah pesisir utara.

Sekian dan terima kasih atas kunjungan ke website maduracity - semoga postingan mengenai desa bumi anyar tanjungbumi bermanfaat bagi para pembaca.