5 Hal Unik Di Tresna Art Bangkalan Yang Bisa Kamu Dapatkan

5 Hal Unik Di Tresna Art Bangkalan Yang Bisa Kamu Dapatkan


foto Instagram by: @laparlagimakanlagi 

Saat berkunjung ke salah satu Galeri terkenal di pulau Madura Bangkalan ini, pastikan kamu tidak melewatkan 5 hal berikut. 

Karena dijamin hal-hal ini akan menambah informasi dan keahlianmu, dan yang paling penting membuat perut kenyang dengan gratis!! Apa aja 5 hal unik itu? Yuk, simak ulasan berikut:


1. Belajar Membatik 

Madura cukup terkenal batik tulisnya yang bernilai seni tinggi karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan selembar kain batik siap pakai. 

Mulai dari proses melukis kain mori dengan malam atau lilin batik yang dicairkan diatas wajan dan kommpor kecil, kain mori dilukis menggunakan canting kecil sebagai alat lukis untuk menghasilkan motif.

Sayangnya, dijaman sekarang makin sedikit masyarakat Madura yang bisa dan berminat membuat batik untuk kelangsungan salah satu tradisi di Indoseia ini. 

Nah, sebagai upaya untuk tetap melestarikan batik, Tresna art mendatangkan pembatik langsung dari tanah lahirnya yaitu Tanjung bumi sebagai salah satu daerah penghasil batik dipulau Madura. 

Kamu bisa belajar langsung dengan pembatik di tresna art yang hanya datang dihari sabtu dan minggu. Menurut pemilik Tresna Art, 

biasanya ada anak-anak sekolah menengah pertama atau menengah atas yang belajar dengan pembatik yang ada di tresna art.


2. Suguhan Khas Madura

Tepat dipintu masuk galeri kamu akan disuguhi dengan suguhan khas Madura berupa minnuman pokak, kopi jahe, dan pisang kukus. 

Disana sudah tersedia poci the lengkap dengan gelas-gelas kecil, jadi kamu bisa menikmati suguhan tadi sambil duduk dikursi menikmati suasana khas masyarakat Madura. Suguhan ini disiapkan secara gratis setiap hari dan siapa saja boleh mencicipinya.


3.  Tajin Sobih

Makanan manis satu ini sudah tidak asing lagi  bagi masyarakat Madura khususnya masyarakat bangkalan, karena memang sesuai namanya tajin sobih berasal dari desa sobih yang berlokasi di ke  camatan Burneh Kabupaten bangkalan.

Sama halnya dengan belajar membatik, tajin sobih yang legit bisa kamu nikmati secara gratis di galeri Tresna Art pada hari sabtu dan minggu lho. 

Tapi untuk kamu yang mengunjungi tresna art diluar dua hari tadi, jangan khawatir, kamu tetap bisa menikmati tajin sobih dengan harga murah, dijamin tidak akan membuat dompetmu bolong. 
buat yang ingin tau resep dan sejarah Tajin sobih klik disini.

4. Petik Buah salak

Buah salak adalah primadona di kabupaten bangkalan. Pada jaman dulu, hampir setiap rumah di kabupaten bangkalan memiliki tanaman salak di pekarangan rumahnya. 

Nah, untuk mendukung suasana ala masyarakat Madura pada jaman dulu, di tresna art terdapat banyak pohon-pohon salak yang ditanami di area pekarangan sekitar rumah adat yang terletak dibelakang galeri. 

Beruntung banget kalau kamu berkunjuk ke tresna art pada saat pohon salak lagi berbuah matang, kamu bisa memetik salak segar langsung dari pohonnya. Tapi sayangnya petik salak ini hanya bisa kamu nikmati pada saat pohon salak berbuah kira-kira dua kali dalam setahun.


5. Mengambil Gambar


Siapa sih yang sekarang pergi berwisata tanpa selfie atau berfoto-foto? Asiknya lagi sekarang kamu hanya perlu modal smartphone kamu untuk foto-foto dan kamu bisa mengunggahnya di media social.

Nah di tresna art ini kamu akan menemukan banyak sekali spot-spot foto menarik yang bisa kamu ambil saat berkunjung kesana karena semua sudutnya sangat artistik. Tapi jangan sampai merusak properti dan hiasan-hiasan yang dipajang ya..


Lokasi Tresna Art Bangkalan Madura 

Anda mungkin menyukai postingan ini