-->

Cara Mengurus Surat Keterangan Sehat di Puskesmas

Surat keterangan sehat, biasanya sangat dibutuhkan oleh seseorang yang ingin mendaftar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)..

Surat keterangan sehat, biasanya sangat dibutuhkan oleh seseorang yang ingin mendaftar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), atau ingin melamar kerja, bahkan kali ini surat tersebut juga diperlukan oleh perantau yang ingin kembali ketempat rantaunya. 

Bagaimanakah cara mengurusnya?

Baik, tulisan ini saya buat untuk masyarakat Tragah yang masih kebingungan terkait cara mengurus surat tersebut, pastinya dasar dari tulisan ini merupakan pengalaman pribadi penulis.

Surat keterangan dari dokter tersebut bisa kita dapatkan dari Rumah Sakit atau Puskesmas. Namun Tulisan ini hanya menceritakan cara mengurus surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh puskesmas saja. Kurang lebih seperti ini.

Pada hari Senin tanggal 8 Juni 2020, saya diajak oleh paman untuk mendampinginya mengurus surat keterangan sehat di puskesmas Tragah. 

Kami berangkat dari rumah sekitar jam 08.00 pagi, karena masih mempersiapkan persyaratan kita sampai di puskesmas Tragah sekitar 09.30, maklumlah masih muter-muter hehe..

Apa Saja Persyaratan yang Perlu dibawa?

Cara Mengurus Surat Keterangan Sehat di Puskesmas
Cara Mengurus Surat Keterangan Sehat di Puskesmas

Persyaratannya hanya membawa foto 3x4 satu lembar kemudian membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Setelah persyaratan kami lengkap, kami langsung ke loket pendaftaran di puskesmas (khusus di Tragah loketnya terletak di dekat pintu masuk sebelah barat). 

Setelah sampai sana kami mengutarakan maksud kedatangan kami, kemudian petugas meminta KTP untuk dilakukan pencatatan.

Usai di data kita diberi kartu warna hijau kemudian menunggu panggilan dari dokter yang ada di poli umum, tak lama berselang kami disuruh masuk keruangan untuk di cek sembari memberikan foto berukuran 3x4 pada petugas yang ada di dalam. Setelah itu kami sudah mendapatkan surat keterangan sehat dari dokter tersebut.

Baca juga : Jasa Gus Dur Untuk Indonesia yang di rasakan Hingga Kini

Berapakah biaya yang harus dibayar untuk mendapatkan surat tersebut?

Untuk biaya sangat beragam, ketika saya baca di internet biayanya ada yang 15.000 ada juga yang 25.000. Sedangkan di Puskesmas Tragah untuk mendapatkan surat itu harus membayar uang 30.000 untuk orang dewasa dan 25.000 untuk anak yang masih sekolah.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Salam literasi hehe