-->

Pemuda Sukses membudidaya Tanaman Hidroponik di Galis Bangkalan

Hidroponik adalah suatu budidaya menanam dengan mamakai (memanfaatkan) air tanpa memakai tanah dan menekankan penumbuhan kebutuhan nutrisi untuk tanaman. Kebutuhan air pada tanaman hidroponik lebih sedikit dibandingkan kebutuhan air pada budidaya dengan memakai media tanah. Hidroponik memakai air yang lebih efisien, jadi sangat cocok diterapkan pada daerah yang mempunyai pasokan air yang terbatas.

Tanaman hidroponik sangat laris di pasaran karena telah banyak yang meneliti bahwa sayur hidroponik lebih sehat dan lebih nikmat rasanya di bandingkan sayuran konvensional. selain itu di bangkalan dan surabaya sudah banyak peminatnya. Tak heran Syukri pemuda asal galis setelah berhenti sebagai pelaut ia melirik dan beralih kebisnis tanaman hidroponik ini.

Tanaman yang berhasil dikembangkannya yakni sawi daging, saawi biasa dan pakcoy. Menurutnya, tanaman dengan metode ini sangat murah. Sebab, harga bibit tanaman murah  ketika dijual bisa melebihi hasil modal benih dan perawatan. Dia membuat kebun hidroponik tersebut di belakang rumahnya, Kebun hidroponik miliknya itu sangat lengkap. Mulai dari pengecekan air hingga ukuran tinggi air.

ide awal bisnis ini terinspirasi dari salah satu temannya. bisnis ini mulai ia tekuni sekitar awal bulan maret 2021. Namun meski hanya beberapa bulan menekuni bisnis ini, syukri sapaan akrabnya telah meraup untung jutaan rupiah.

Dia merakit desain tanaman hidroponik dan kebunnya secara manual dan Dia mengembangkan tanaman hidroponik itu hanya bersama istrinya. Targetnya bisa memasarkan ke restoran Jepang di Surabaya. amiin

Menurutnya, Tanaman hidroponik tidak rumit namun butuh kesabaran atau ketelatenan saja. Sementara peluang tumbuhnya lebih besar asal cara menanamnya sudah tepat.

“Satu bibit bisa tumbuh dan panen sekitar 6 hingga 8 pekan, bahkan saya kewalahan karena pemesan yang banyak meski rekan-rekan sendiri,” Ujar syukri panggilan akrabnya.

Hidroponik sangat diminati para ibu rumah tangga serta yang suka sayuran segar karena konsep yang user friendly dan mempunyai recurring (perputaran) yang cepat. 

Bagi teman-teman yang ingin mencoba tanaman hidroponik asli galis, atau hanya ingin sharing atau menjalin kerja sama bisa datang langsung ke dusun rembeh, kecamatan galis bangkalan Madura. (Syukriadi  08785352276)