-->

Pasar Tradisional Ki Lemah Duwur Bangkalan

Kali ini penulis akan membahas salah satu pasar terbesar yang ada di bangkalan madura, Pasar Baru Ki Lemah Duwur Bangkalan yang terletak di jalan Halim Perdana Kusuma atau jalan lingkar Ring Road ini merupakan pusat jual beli lokal yang terbesar di Bangkalan, sebenarnya pasar ini bukanlah pasar yang baru ada. Pasar ini sudah ada sejak lama bahkan pasar pertama yang ada di Bangkalan. 

Pasar yang baru selesai di bangun pada tahun 2010  yang menjadi relokasi pasar baru dari pasar lama yang telah dibongkar karena sudah tiak sesui lagi dengan tataan ruang perkotaan yang ada. Jika sebelumnya bentuk gedung pasar bertingkat sekarang ukurannya lebih besar dan melebar. 

Ada beberapa tempat yang di sediakan oleh dinas setempat, semuanya dibedakan sesuai jenis barang yang dijual. Ada tempat khusus untuk penjual sayuran, penjual buah – buahan, penjual ikan serta daging dan penjual pakaian juga alat kebutuhan rumah tangga.

Sejarah Penamaan Pasar Ki Lemah Duwur

Gambar - Pasar Tradisional Ki Lemah Duwur Bangkalan

Nama Ki Lemah Duwur sendiri merupakan nama salah satu raja yang pernah ada di Bangkalan. Ki Lemah Duwur adalah nama lain dari Raden Pratanu yang terkenal itu.Di sebelah barat pasar khusus disediakan tempat bagi penjual sayuran, ikan, daging dan kebutuhan dapur lainnya. 

Para penjual menggelar dagangan mereka di atas paving atau juga ada yang memakai gerobak sendiri. Selain mengadakan jual beli disini kita juga bisa membeli barang yang bisa dijual kembali tentunya dengan mengambil harga yang murah. pada jam 1 malam sampai subuh pasar ki lemah duwur banyak sekali dikunjungi oleh para pedagang sembako yang kulaan untuk dijual kembali di pasar2 kecil yang ada di desa mereka.

Di dalam blok – blok inilah bisa kita temukan penjual pakaian, sepatu, sandal, alat elektronik dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Mereka berjualan berkelompok, seperti penjual pakaian yang menguasai spot depan pasar Bangkalan. Di pasar juga menjual batik khas Madura, mulai dari Batik Tanjung Bumi, Batik Gentongan maupun Batik dari Pamekasan. 

Lokasi Pasar Ki Lemah Duwur Bangkalan

Letaknya yang tepat bersebelahan dengan Bangkalan Plaza sepertinya pemerintah Bangkalan sengaja mengumpulkan pusat perbelanjaan disatu kawasan. Untuk bisa menuju pasar kita tidak perlu lagi repot karena sudah banyak angkutan umum maupun becak yang siap mengantar kita kesana.

Jam Buka Pasar Ki Lemah Duwur Bangkalan

untuk para pedagang yang ingin kulaan semua jenis sembako, sayuran dan buah-buahan, jam ini buka dari jam 1 malam hingga jam 8 pagi. untuk keperluan lain seperti baju, sepatu, dan lain-lain pasar ini buka pada jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Tips Tawar Menawar di Pasar Ki Lemah Duwur

ketika kita ke pasar tradisional kata tawar menawar sudah tidak asing lagi di telinga para pembeli, tipsnya tawarlah harga di bawah separu harga yang disebutkan si penjual.

contoh harga kaos 70 ribu, tawarlah dengan harga 30 ribu, jika belum di kasih naikkanlah sedikit demi sekit,. biasanya harga pas barang tersebut separuh dari harga awal.